Home Dumai Riau Nasional Politik Gosip Kriminal Musik Teknologi Edukasi Kesehatan Olahraga Kuliner Wisata Iklan

Uang Rp 40 juta Rusak, Akibat Lupa Menyimpan Di Kolong Tempat Tidur Selama 4 Tahun

pukul


 

 

Hariangaruda.com, PEKALONGAN – Uang sebanyak Rp 40 Juta milik seorang wanita warga Kecamatan Sragi, Pekalongan, bernama Rustini disimpan selama 4 tahun di bawah tempat tidur dan ditemukan dalam keadaan rusak.

Pasalnya dia sempat lupa dengan uang yang disimpannya itu.

Menurut pengakuan Rustini, selama ini dia merantau ke Jakarta untuk berjualan nasi megono. Pada 2019, dia pulang membawa uang Rp 40 juta dan menyimpannya di kolong tempat tidur.

“Kemudian saya taruh di bawah kolong tempat tidur,” kata Rustini, Selasa (9/5/2023).

Setelah itu Rustini balik lagi ke Jakarta untuk berdagang. Sibuk di Jakarta berjualan membuat Rustini lupa jika dia menyimpan uang Rp 40 juta di bawah tempat tidurnya.

Baru-baru ini viral video warga menghitung uang pecahan Rp 100 ribu yang rusakrusak akibat dimakan rayap. Ternyata video uang yang viral tersebut mengingatkan Rustini akan uang Rp 40 juta yang disimpannya di kolong tempat tidur.

Ahli Rupiah Bank Indonesia (BI) Tegal, Ahmad Afandi mengatakan Tim dari Bank Indonesia telah mendatangi dan memeriksa kondisi uang Rustini yang rusak tersebut menggunakan alat. Hasilnya, sebagian besar uang tersebut memenuhi syarat untuk mendapatkan penggantian.

“Tim tadi sudah melakukan identifikasi dengan alat untuk menilai kelayakan uang tersebut,”tandasnya.

Menurut Ahmad Afandi, pihaknya memperkirakan ada Rp15,9 juta yang memenuhi syarat untuk mendapatkan penggantian. Karenanya, dia sudah meminta kepada pihak pemilik uang untuk membawanya ke BI.