Home Dumai Riau Nasional Politik Gosip Kriminal Musik Teknologi Edukasi Kesehatan Olahraga Kuliner Wisata Iklan
pekanbaru

Gubri Syamsuar dan Rombongan Batal 'Pelesiran' ke Jerman, Ramai Dikritik

pukul





Hariangaruda.com
| Pekanbaru – Gubri Syamsuar beserta istri dan para pejabat lingkungan Pemprov Riau dipastikan batal pelesiran ke Jerman. Hal tersebut dikarenan tak dapat izin Kemendagri.

Diagendakan Gubri dan rombongan akan lawatan ke Jerman pada tanggal 20-28 Oktober 2023 dalam rangka menindaklanjuti kerjasama Pemprov Riau dengan Pemerintah Jerman dalam program Ausbildung, yang dilaksanakan oleh Global Katalyst di bidang pendidikan.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Elly Wardhani saat dikonfirmasi perihal batalnya rencana tersebut membenarkan.

"Iya, ditunda (batal). Karena belum keluar izin dari Kemendagri," kata Elly Wardhani yang juga Kepala Biro Hukum dan HAM Setdaprov Riau ini, Ahad (15/10/2023).

Relawan Indonesia Bersatu (RIB) mengapresiasi langkah Kemendagri yang tidak memberikan izin terkait keberangkatan Gubernur Riau bersama istri serta beberapa pejabat ke Jerman.

Ketua Umum RIB, Lisman Hasibuan mengatakan, agenda Pemprov Riau ke Jerman hanya buang-buang anggaran dan tidak ada guna serta perlu dievaluasi nanti oleh Gubernur Riau yang baru.

"Agenda keberangkatan Pemprov Riau dipastikan batal ke Jerman, dan akan dievaluasi dengan Gubernur Riau yang baru," kata Lisman Hasibuan dalam keterangan pers yang diterima CAKAPLAH.com, Ahad (15/10/2023).

Dikarena kepemimpinan Gubernur Riau Syamsuar akan berakhir karena mengundurkan diri, maka Pemprov Riau akan dipimpin oleh Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution naik menjadi Gubernur Riau.

"Kami mendorong Gubernur Riau yang baru nanti melakukan perombakan kabinet di Pemprov Riau, karena Syamsuar sebentar lagi bukan Gubernur Riau lagi," sebutnya.

"Kemudian Gubernur Riau yang baru agar fokus tangani kabut asap dan selamatkan masyarakat Riau dari penyakit ISPA," pungkasnya, Kamis (9/2/2023).