Home Dumai Riau Nasional Politik Gosip Kriminal Musik Teknologi Edukasi Kesehatan Olahraga Kuliner Wisata Iklan
Jakarta

Yang Ingin Mudik, Ini 5 Syarat Naik Kereta Api Terbaru 2023, Wajib Tahu, Simak!

pukul


 


Hariangaruda.com | Jakarta – Kereta api merupakan salah satu moda transportasi pilihan masyarakat untuk bepergian.

Calon penumpang kereta api sebaiknya mengetahui syarat naik kereta api.

Melansir dari laman resmi KAI, Rabu (29/11/2023), seluruh penumpang sudah tidak wajib menggunakan masker jika dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular Covid-19.

Ketentuan tersebut berlaku bagi penumpang kereta api jarak jauh dan kereta api lokal mulai 12 Juni 2023.

Kendati demikian, KAI tetap menganjurkan para penumpang untuk melakukan vaksinasi Covid-19 hingga booster kedua atau dosis keempat.

Anjuran tersebut utamanya bagi penumpang yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19.

Adapun aturan tersebut merujuk pada Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 17 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang dengan Transportasi Kereta Api Pada Masa Transisi Endemi Covid-19.

Berikut persyaratan naik kereta api terbaru 2023:

1. Dianjurkan tetap melakukan vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat terutama bagi masyarakat yang memiliki resiko tinggi penularan Covid-19.

2. Diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19 dan dianjurkan tetap menggunakan masker yang tertutup dengan baik apabila dalam keadaan tidak sehat atau berisiko Covid-19, sebelum dan saat melakukan perjalanan.

3. Dianjurkan tetap membawa hand sanitizer dan/atau menggunakan sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan secara berkala terutama jika telah bersentuhan dengan benda-benda yang telah digunakan secara bersamaan.

4. Bagi orang dalam keadaan tidak sehat dan berisiko tertular atau menularkan Covid-19 dianjurkan menjaga jarak atau menghindari kerumunan orang untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.

5. Dianjurkan tetap menggunakan aplikasi SATUSEHAT untuk memonitor kesehatan pribadi.