Home Dumai Riau Nasional Politik Gosip Kriminal Musik Teknologi Edukasi Kesehatan Olahraga Kuliner Wisata Iklan

Persiapan Arus Balik Mudik Lebaran, Dokter Sarankan Tukang Ngorok Jangan Nyetir!

pukul


 

Hariangaruda.com - Setelah melewati Lebaran Idul Fitri hari kedua, beberapa orang sudah bersiap-siap meninggalkan kampung halaman untuk kembali ke perantauan. Selain menjaga tubuh agar tetap fit, ada cara agar tetap aman saat berkendara ketika arus balik.

Spesialis tidur dari RS Mitra Kemayoran dr Andreas Prasadja mengatakan ada beberapa orang yang tidak disarankan menyetir saat arus balik. Termasuk di antaranya orang yang sering mendengkur saat tidur.

"Mendengkur, jangan berkendara. Orang yang mendengkur memiliki risiko kecelakaan 15 kali lipat dibanding yang tidak mendengkur," kata dr Andreas saat berbincang di sesi detikPagi, Senin (24/4/2023).

Orang dengan kebiasaan mendengkur biasanya memiliki penyakit yang disebut hipersomnia. Kondisi ini membuat pengidapnya selalu mengantuk walau sudah tidur berjam-jam.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan agar tidak menyetir dalam keadaan mengantuk. Usahakan beristirahat selama beberapa jam di rest area saat sudah mulai lelah.

"Sekali lagi, berkendara dalam kondisi ngantuk lebih berbahaya dibandingkan mabuk. Kemampuan konsentrasi dan refleks jadi jelek," pungkasnya.