Home Dumai Riau Nasional Politik Gosip Kriminal Musik Teknologi Edukasi Kesehatan Olahraga Kuliner Wisata Iklan
Jakarta

Siapa Johanis Tanak? Ini Sosok Wakil Ketua KPK Baru

pukul




Hariangaruda.com | Jakarta - Siapa Johanis Tanak? Jabatan Wakil Ketua KPK terbaru resmi diemban oleh Johanis Tanak. Johanis telah dilantik pada Jumat (28/10/2022).

Berikut informasi selengkapnya soal Wakil Ketua KPK Johanis Tanak.

Siapa Johanis Tanak? Ini Profilnya

Johanis Tanak adalah Wakil Ketua KPK baru. Sebelumnya, nama Johanis termasuk dalam calon pimpinan KPK untuk menggantikan Lili Pintauli.

Johanis Tanak memiliki latar belakang sebagai jaksa. Ia sempat memegang jabatan penting lainnya, seperti:

Direktur Tata Usaha Negara Negara Kejaksaan Agung

Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi.

Johanis Tanak juga pernah mengenyam pendidikan di dua perguruan tinggi. Johanis adalah alumni dari:

Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin

Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Gelar Doktor).

Gagal Jadi Pimpinan KPK Tahun 2019

Pada tahun 2019, Johanis Tanak ikut dalam seleksi calon pimpinan KPK. Namun, ia tidak lolos karena mendapatkan nol suara di DPR.

Kemudian, nama Johanis Tanak diusulkan oleh Presiden Jokowi sebagai calon pimpinan KPK untuk menggantikan Lili Pintauli. Johanis Tanak bersaing dengan I Nyoman Wara.

Cerita Pengalaman Johanis Sebelum Jadi Wakil Ketua KPK

Setelah dicalonkan menjadi pimpinan KPK, Johanis Tanak mengikuti fit and proper test di DPR. Ia menyoroti pentingnya pencegahan dalam upaya pemberantasan korupsi.

"Dan saya juga kemudian berpikir bahwa pemberantasan tindak pidana korupsi memang diperlukan tapi menurut hemat saya, skala prioritas yang diutamakan adalah idealnya pencegahan bukan penindakan. Penindakan kecuali sudah ada terjadi," kata Johanis, Jumat (28/10/2022).

Johanis juga menceritakan pengalamannya ketika menjadi jaksa.

"Ketika saya menjadi Kepala Kejaksaan tinggi di Sulawesi Tengah dan kepala kejaksaan tinggi di Jambi, saya pasti mendatangi pemerintah daerah. Saya minta seluruh kepala dinas untuk hadir saya memberikan sosialisasi tentang pemberantasan tindak pidana korupsi," ungkap Johanis.

Johanis Tanak Dilantik Jadi Wakil Ketua KPK

Siapa Johanis Tanak? Johanis Tanak sudah dilantik menjadi Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Acara pengucapan sumpah janji Johanis Tanak dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, dan disiarkan melalui di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (28/10/2022).

Johanis Tanak membacakan sumpah janji di depan Presiden Joko Widodo.

"Saya berjanji, bahwa saya senantiasa akan menolak atau tidak menerima atau tidak mau dipengaruhi oleh campur tangan siapa pun juga, dan saya akan tetap teguh melaksanakan tugas dan wewenang saya yang diamanatkan UU kepada saya. Kiranya Tuhan menolong saya," demikian bunyi sumpah janji yang dibacakan Johanis.

Sejumlah pejabat menghadiri acara pelantikan Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua KPK. Mereka di antaranya Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung St Burhanuddin Ketua KPK Firli Bahuri beserta Pimpinan KPK yang lain dan Dewan Pengawas KPK.